Posted by : Unknown Thursday, January 16, 2014




INSTAN IDOLING ? ITU TIDAK BAIK 




Oleh @BAROS_48 
Juara 1 #CeritaTentangTeman JKT48Inside

Sebelum bercerita ,perkenalkan namaku Tossa Baros .Aku fans JKT48 regional BATAM ,sekarang aku berumur 18 tahun baru saja lulus SMA .Kali ini aku mau bercerita tentang pengalaman idolingku dari pertama kali aku mengenal JKT48 .
Awalnya ,aku belum terlalu mengenal dunia idoling dan sesuatu yang berhubungan dengan Jepang .Aku hanya tahu dengan anime-animenya saja tapi dulu aku menyebutnya kartun ,seperti Detective Conan ,Naruto dsb .Jujur saja aku orang yang sangat pemalas ,pecandu warnet ,tukang bolos ,suka belanjain uang yang seharusnya untuk biaya sekolah .
Aku terlahir dari keluarga Broken Home ,aku tinggal berpisah dengan orang tuaku .Aku diasuh oleh 2 orang Tante/bibiku .Jadi awalnya aku tidak mengenal JKT48 sama sekali ,dan suatu hari saat pulang sekolah kebiasaanku selalu menonton TV ,dan kebetulan acara saat itu 100% ampuh di Global TV bintang tamunya JKT48 .Dari awal melihat aku sudah sedikit tertarik dengan mereka yang nyanyi dengan segerombolan.
Hampir tiap hari sepulang sekolah aku stay tune didepan TV hanya untuk melihat mereka ,karena hampir tiap hari juga mereka nampil di 100% ampuh saat itu ,mungkin bisa 2-3 kali seminggu .Saat mereka memberikan penjelasan tentang konsep mereka ,tidak kudengarkan terlalu teliti .Dan saat itu aku punya persepsi bahwa AKB48 itu seperti aliansi mereka yang berada di-Indonesia hahaha :D .
Karena sangat penasaran dengan konsep mereka ,aku memutuskan untuk searching di Internet tentang mereka .Dan saat itu lah baru aku mengerti bagaimana konsep dari 48family .Singkat cerita ,aku mulai mengenal bagaimana sistem fansu mereka .Saat itu aku berambisi untuk menjadikan mereka calon pacar dimasa depan *ngarep* .Hari demi hari aku menjelajah internet hanya untuk mengetahui perkembangan mereka dari kapan mereka nampil di TV ,akun-akun socmed mereka sampai akhirnya ada berita tentang theater sementara yang digelar .Dan saat itu juga aku sangat ingin bertemu dengan mereka dengan adanya theater .Sampai pada akhirnya ditetapkan FX sebagai tempat theater mereka yang sekarang .Karena aku orang yang sangat pemalas ,hal yang sangat mustahil untuk menabung uang demi bertemu mereke ,tetapi awalnya aku menabung tetapi selalu saja tidak bisa .Akhirnya aku memilih jalan pintas untuk bertemu dengan mereka .Yaitu dengan mengambil uang di ATM tanteku ,degan sangat merasa bersalah dan ragu-ragu aku akhirnya mendapatkan uang untuk ke Jakarta .dengan total hanya 1,5 Juta rupiah di dompet aku berniat untuk meninggalkan Batam dan meninggalkan beberapa minggu sekolahku .Tanpa izin orang tua dan izin tidak sekolah untuk beberapa minggu aku bolos sekolah dan langsung bergegas menuju travel untuk mencari tiket ke Jakarta .Setelah mendapat tiket ,aku pulang kerumah untuk packing persediaan yang kubutuhkan untuk di Jakarta .Aku nekat mengandalkan teman dari game online yang tinggal diJakarta aku langsung berangkat ke Jakarta pada malam hari .Singkat cerita ,aku sampai di Jakarta pada pukul 23.30 WIB.
Sesampainya di Bandara Soekarno-Hatta Aku langsung menelpon teman online ku ,dan ternyata hapenya sama sekali tidak aktif .Saat itu aku sangat kebingungan ,apa yang harus aku lakuin kalau tidak ada temanku ini .Dengan hati gusar aku bertanya-tanya kesemua orang di airport bagaimana cara untuk sampai kerumah kawanku ini ,seingetku rumahnya didaerah grogol .Jadi aku diarahkan untuk naik bus menuju terminal bus yang kalau nggak salah ada Rambutan-rambutannya gitu .
Sesampainya diterminal aku bertanya-tanya kembali ,ternyata tidak ada angkutan yang menuju ke tempat temanku pada hari itu ,waktu itu menunjukkan pukul 00.00 WIB .Dengan sedikit pengetahuan tentang Jakarta aku mencoba menelusuri Jakarta .Aku mencoba ke Museum Fatahillah dengan menggunakan ojek .
Setelah sampai di Museum Fathaillah ,disana tidak seperti apa yang aku bayangkan sebelumnya .Saat tengah malam Musem fathaillah dipenuhi orang berjualan dan Pasar malam .Sangat ramai dan sedikit beraroma tidak sedap .Aku menghabiskan malam pertama ku diJakarta hanya di museum fatahillah .Waktu menunjukan Pukul 04.00 WIB pagi ,aku masih terjaga .Tiba-tiba terlintas dipikiranku bahwa ada 1 teman online yang bisa aku andalkan ,Namanya Nova .Dia ketua dari grup yang aku ikuti disebuah games .Jadi aku memutuskan untuk menelponnya ,saat itu dia sangat terjekut mendengar bahwa aku sedang di Jakarta karna aku masih sangat muda untuk bisa bertahan sendirian di Jakarta .Tetapi dia masih bingung mau menempatkan ku dimana karena dia tinggal di kost-kostan ,sangat tidak mungkin untuk membawaku ke kost-kostannya .Jadi dia membantuku untuk mencari tempat untuk berlindungku .Selagi menunggu dia mencari bantuan ,di pagi hari aku mencoba ke keliling Jakarta ,Tujuan awalku adalah Monas .Keliling-keliling tidak jelas membuat aku lelah dan batre hapeku pun sudah tinggal 5% .Aku mencoba mencari tempat makan .Aku memutuskan untuk ke daerah Senayan ,hanya tempat itu yang aku tahu namanya karena dari alamat theater JKT48 yang akan dibangun .Sore Hari tiba ,Nova menelponku untuk memberi informasi untuk tempat tinggalku ,aku di titipkan dirumah temannya yang bernama San-san didaerah ga tau apa namanya tapi deket dengan ancol dan pas di seberang Mangga Dua square .
Tetapi sebagai feedback ,aku harus melakukan sesuatu untuk temennya ,yaitu membantunya untuk memperbaiki rumahnya yang sedang direnovasi dengan bayaran 50rb perhari .Aku berfikir ,tidak apalah asal aku dapat tempat tinggal .Setelah beberapa hari aku sudah merasa aman dan nyaman aku mulai fokus ke JKT48 .Aku mencoba ke FX F4 pada hari dimana yang katanya hari itu pembukaan theater di FX .Ternyata pembangunan ngaret ,dan aku hanya melihat tempat di F4 ditutupi kain putih dengan ada catatan pembangunan .
Beberapa hari kemudian ,aku cek info dan ternyata theater sudah dibuka .Di info tersebut aku melihat tata cara pemesanan tiket Theater yaitu dengan verifikasi e-mail .Aku bergegas untuk mencoba memesan tiket theater .Setelah memesan harus menunggu hari esok untuk mengetahui hasilnya .Keesokan harinya terrnyata aku tidak menang undian .Sedtih tapi tetap ingin kesana ,mendapat adanya informasi WL ticket aku pergi menuju FX ,dengan mengharapkan WL ticket .Sesampainya disana aku sangat kebingungan ,karena tidak banyak informasi yang aku dapat untuk membeli ticket .Mencoba sok akrab dengan fans-fans yang berkumpul disana akhirnya aku mendapatkan beberapa teman .Namanya Recka ,Syarif ,Aziz dan Iqbal.
Akhirnya Mereka menuntunku bagaimana untuk mendapatkan WL ticket .Hari itu aku pulang dengan senang hati karna mendapatkan teman ,dan bisa bertemu dengan member yang aku idam-idamkan selama ini.Sesampainya dirumah temenku aku langsung membersihkan diridan istirahat .Lagi asik melamun terlintas difikiranku bagaimana kabar tanteku ,karna saat aku pergi aku meninggalkannya saat dia sakit .Seketika air mataku berlinang karena menyesali perbuatan apa yang sudah aku lakukan .Hanya demi bertemu sang idola aku rela meninggalkan tanteku yang sedang sakit dan membuat sekolah terbengkalai.Air mataku semakin deras mengucur mengigat pesan di FB dari adikku yang mengatakan “abang ? abang kemana ? pulang dong bang tante lagi sakit nih” .
Perasaanku semakin tak tertahankan ,dan aku memutuskan untuk mengabari keluargaku di Batam .Aku telpon Mamaku yang tinggal berpisah denganku .Dia sudah mengetahui kalau aku pergi dari rumah tanpa izin .perbincanganku ditelpon dengan mamaku :
“mama ,ini Tossa” Sambil nangis tersedak-sedak .
“Tossa ? Apa kabar kamu nak ? kamu kenapa pergi dari rumah ga ngomong? Mama khawatir” .
“Tossa baik-baik aja ma ,mama apa kabar? Tossa Cuma pengen liburan aja ma” *masihmenangis .
“Tapi kan nggak gini juga caranya nak ,pulang yaa mama kangen kasihan tantemu lagi sakit”
“Iya ma ,Tossa pasti pulang tapi enggak sekarang” .
“Yaudah Tossa sekarang dimana ?”
“Tossa di jakarta ma ,mama ga usah khawatir Tossa baik-baik aja kok” .
“Mama ada teman disana ,nanti mama suruh temen mama jemput Tossa disana yaa”
“Iya ma nanti Tossa kasih alamatnya ,yaudah Tossa mau tidur dulu ,mama istirahat ya ga usaha terlalu mikirin Tossa nanti mama sakit juga ,salam buat tante disana cepet sembuh” .
“Bagaimana mama ga mikirin kamu ,kamu itu anak mama .Yasudah kamu kirim alamat kamu yaa nanti”
“Iya ma ,yaudah udah dulu ma Tossa sayang mama”
“iya mama juga sayang Tossa”
Akhirnya ,rasa kangenku tersampaikan dengan menelpon mamaku .Keesokan harinya aku dijemput teman dari mamaku .Kalau tidak salah itu hari rabu .Singkat cerita ,aku akan diantar pulang kebatam pada hari sabtunya .Jadi aku manfaatkan waktu yang singkat untuk bertemu idolaku .
Tepat hari Jumat ,sehari sebelum kepulanganku aku ditheater dan mengantri untuk mendapatkan WL ticket bersama teman-teman baruku .Saat mengantri ,member-member dari JKT48 mulai lalu lalang ,member yang pertama kali aku lihat adalah Ayana ,lalu lewat Rena ,stella lalu dilanjutkan melody dan masih banyak lagi .Tetapi Orang yang kuharapkan untuk kutemui tidak kunjung kelihatan .Ternyata saat itu dia tidak ikut theater .Sedih tetapi harus tetap semangat karna ini theater pertamaku di hari terakhirku di Jakarta .Menunggu ,dan menunggu akhirnya penukaran WL ticket dimulai pukul 18.00 WIB .Singkat cerita kembali ,Sesudah menukarkan ticket aku dan teman-temanku langsung memasuki theater yang masih sangat sederhana itu .Show pun dimulai ,lagu demi lagu mereka nyanyinkan dan aku teriak chant sebisa mungkin dan meneriaki nama member yang saat itu tampil .Aku sangat excited ,dan setelah beberapa jam show pun selesai .Sesi Hi-touch pun dilakukan ,moment dimana  aku sangat senang sekali karena akhirnya aku bisa bertemu dengan Idola yang aku bangga-banggakan selama ini .Walaupun dengan cara yang kurang baik tapi dari sini aku bisa belajar untuk tidak menjadi orang malas lagi .
Sepulangnya dari theater aku membawa beberapa oleh-oleh dari sana seperti photopack dan merchandise lainnya .Keesokan harinya sebelum berangkat ke Batam untuk pulang aku menyempatkan diri untuk pamit dengan orang-orang yang sudah membantuku di Jakarta termasuk teman-teman ditheater yang aku temui .
Dengan perasaan senang dan penyesalan yang membuat ku mendapatkan banyak pengalaman disini aku menuju bandara bersama teman mamaku .Finally ,aku akhirnya kembali keBatam dan melanjutkan aktifitasku seperti biasanya .
Dari sini aku bisa belajar ,untuk menggapai sesuatu yang kita inginkan tidak bisa dengan cara yang instan ,harus selalu ada yang namanya proses .Sekalipun kita memilih cara yang instan toh hasilnya tidak akan memuaskan layaknya cerita diatas .Seperti kata pepatah berakit-rakit kita dauhulu ,berenang-renang ketepian bersakit-sakit dahulu ,bersenang-senang kemudian J
Dan Karena pengalaman ini pula ,sekarang aku sudah bisa merubah sedikit kebiasaan malasku ,dan belajar dari lagu keramat Shonichi sekarang aku sudah menjadi orang yang lebih baik dan akan terus mencoba menjadi yang lebih baik lagi .Dan rencana aku akan ke Theater pada bulan Mei 2014 nanti jadi kalau pengen ketemu pas bulan segituan aja ya hhe J

Pesan dari cerita ini adalah : Tidak ada sesuatu yang instan ,yang bisa instan hanyalah mie rebus dan mie goreng instan haha salam JKT48 FANS !! terima kasih.


#Sar

Leave a Reply

Komentar seperlunya, tolong saran dan kritiknya mengenai artikel yang kami buat agar dapat lebih baik kedepannya! Ganbarimasu!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 JKT48 Inside! - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -