Posted by : Unknown Thursday, August 15, 2013



PERHATIAN: BACA SETIAP PARAGRAF DENGAN BAIK, JANGAN SKIM & SCAN ATAUPUN DI SKIP. 

Akhir-akhir ini suka ada salah paham bahwa “wota” itu adalah nama khusus fans JKT48. Kenyataannya bukan begitu lho.. Disini saya akan mencoba menjelaskan asal-usul dan arti kata wota.
Sebelumnya saya perlu bilang bahwa yang saya tulis di bawah ini adalah berdasarkan dari pengalaman dan informasi yang saya punya. Karena hal ini bersifat kultural jadi kadang agak susah untuk cari sumber atau bukti yang konkrit tentang ini. Kalau ada hal yang dirasa salah atau perlu ditambahkan, sampaikan dengan jelas dan informatif pada kolom komentar di bawah.
Selain itu, artikel ini memang bermaksud untuk membedakan antara wota dan fans, tapi TIDAK bermaksud untuk mendiskriminasi. Wota itu mestinya co-exist dengan fans dan yang bisa menentukan apakah seseorang itu wota atau tidak hanya diri sendiri. Jangan menindas orang lain dan menilai bahwa mereka hanyanewbie. Semua pendukung JKT48, ataupun grup idol lain pada umumnya, mestinya akur dan membuka pintu lebar-lebar untuk pendukung baru. Ingat semua orang itu awalnya pasti Beginner. Jadi tolong simak artikelnya baik-baik dan camkan bahwa artikel ini hanya bersifat informatif.

Wota
Lalu apa arti kata Wota?
Mereka adalah orang-orang yang mempunyai dedikasi tinggi untuk mendukung dan mengikuti perkembangan idol-idol mereka. Antusiasme dan obsesi yang mereka punya lebih tinggi dari fans.
Dibawah ini ada contoh-contoh aktifitas/karakteristik/barang yang akan ditemukan pada seorang wota. Ini hanya contoh yang saya berikan untuk menunjukan lebih jelas tentang antusiasme dan obsesi yang para wota punya, dan ini BUKAN sebagai acuan pasti untuk menentukan apakah seseorang itu wota:
1. Punya lagu-lagu Idol.
2. Punya poster Idol.
3. Melakukan teriakan-teriakan dan gerakan-gerakan khusus (chants & wotagei) ketika menonton performance. (Info lebih lanjut di http://melosnomichi.blogspot.com/2012/01/wotagei-guide-for-akb48-concerts-20.html)
4. Memakai kaos bergambar Idol.
5. Punya Merch/Swag dari Idol
6. Pergi ke event-event tertentu untuk mendukung Idol-nya.
Malah, kalau mau contoh yang lebih ekstrim lagi, ada wota yang buat kue ulang tahun untuk ultah Idolnya dan merayakannya sendiri. Dekorasi nuansa Idol di mobil ataupun kamar juga bisa digunakan sebagai contoh. Koleksi barang-barang yang berbau Idol juga bukan hal yang jarang.
7. DLL.

Lalu gimana caranya tau saya seorang Wota?
Karena wota ini sifatnya kultural susah untuk bisa kasih klasifikasi yang akurat. Jadi yang bisa menentukan seseorang itu wota atau nggak hanya diri sendiri. Jangan percaya penilaian orang lain dan juga jangan menilai orang lain. Yang tau seberapa besar dukungan seseorang terhadap si Idol hanya orang itu sendiri. Kalau memang perasaan itu sudah masuk dalam tingkat wota maka orang itu seorang wota. Mungkin sekarang sudah jarang ada orang yang mau dikatakan Wota. Karena tidak tahu arti atau defenisi dari kata Wota itu sendiri.

Saya merasa diri saya wota tapi minder banyak sepuh yang udah jadi wota dari dulu
Jangan merasa terintimidasi sama wota yang lebih berpengalaman, atau lebih punya banyak barang barang Idol. Yang penting itu perasaan-nya, kalau soal merchandise dan collectibles itu sesuai budget aja. Ingat semua orang itu awal-nya Beginner/Pemula.

Saya fans gimana dong?
Jangan berhenti dukung grup Idol yang kalian suka. Walaupun ada wota bukan berarti pendukung suatu grup idol itu 100% wota. Sebagai sesama penggemar kita harus co-exist dan saling menghormati.Wota itu cuma fans yang lebih punya dedikasi nya untuk Idolnya. Support sepenuhnya.

Nama fans JKT48 apa dong?
Untuk grup idol, pada umumnya ga ada nama khusus untuk fans. Fans ya ‘fans’. Karena itu fans JKT48 ya disebut ‘fans’. Wota pun kalau diartikan secara dasar ya ‘fans’ juga.
Nah, ini salah satu alasan kenapa saya bikin artikel ini. Hal ini mungkin terjadi karena salah paham bahwa ‘wota’ itu nama fansclub JKT48. Setelah baca artikel ini, pasti sekarang udah tau kan bahwa faktanya itu ga ada yang namanya wota resmi atau daftar-daftaran untuk jadi wota.  Disitu bahkan bawa nama official dan nama saya sendiri. Ingat juga bahwa ngaku-ngaku official itu tidak baik ya!


Sebagai penutup, saya mau tekankan bahwa artikel ini sifatnya informatif. Saya hanya ingin meluruskan salah paham bahwa “wota” itu nama khusus fans JKT48. Saya juga ingin mencegah orang-orang untuk memberi label ‘wota’ pada dirinya tanpa tau arti sebenarnya. Tidak semua orang anggap menjadi wota itu sesuatu yang baik, karena itu sebelumnya ada baiknya untuk tau makna-nya.
Ingat sekali lagi bahwa artikel ini memang membedakan, tapi tidak mendiskriminasi. Sebagai sesama pendukung JKT48 baik wota maupun fans harus sailng menghormati. Jangan memaki fans baru karena mungkin saja di masa depan dia akan jadi pendukung setia. Selalu buka pintu yang lebar dan sambut fans-fans baru dengan baik. Dukung terus JKT48 dan sekali lagi ingat kalau semua itu dimulai dari Beginner!

Di Kutip Oleh Chendy Yourdan


Sumber : Memo Terdahulu

Leave a Reply

Komentar seperlunya, tolong saran dan kritiknya mengenai artikel yang kami buat agar dapat lebih baik kedepannya! Ganbarimasu!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 JKT48 Inside! - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -