Posted by : Unknown Sunday, April 28, 2013


Beberapa Pengertian Idol Group :

1. Idol Group : Kelompok idol, mereka menyanyi , menari , main film, bintang iklan, penyiar radio (khusus Hello! Project) ,seiyuu (pengisi suara) ,dll , contoh Idol group : Hello!Project (Morning Musume, Berryz Koubou, C-ute, Smileage , Hello Project Kenkusei), AKB48 (SDN48, SKE48,NMB48, HKT48, JKT48, Kenkyusei), Idoling, Momoiro Clover, dan masih banyak lagi, 100 lebih deh :D , idol group bukan hanya beranggotakan wanita saja tapi juga ada yang pria. Di Jepang hanya ada 1 agency idol group pria yaitu Johnny Associates /Johnny Jimusho yang isinya  Arashi, NEWS, Kat-tun, HeySayJump, Kanjani8, SMAP dll.

2. Idol : Seseorang yang bekerja di dunia hiburan yang ingin menjadi bintang / terkenal.

3. Kenkusei / Kenkyusei : Member dari suatu grup yang statusnya masih training / magang.

4. Wota : Arti umumnya fans, tapi wota lebih dari fans, karena orang-orang yang mempunyai dedikasi tinggi untuk mendukung dan mengikuti perkembangan idol-idol mereka. Antusiasme dan obsesi yang mereka punya lebih tinggi dari fans.

5. Wotagei : Tarian wota untuk mendukung idolnya.

6. Jikoshoukai : Pengenalan diri dari masing-masing member. Tentunya memiliki sebuah line khusus untuk introduksi bukanlah sebuah keharusan, tapi jika seorang member mempunyai jikoshoukai ciri khas mereka masing-masing maka ini akan memberi nilai lebih dimata fans.

7. Chant : Teriakan / yell yell yang dibuat oleh fans untuk mendukung idolnya, biasanya “ oi oi” , hooi (yang didengar seperti suara orang mabok) , ada juga chant mix seperti  “Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, Jya Jya! “ tapi ini biasanya hanya untuk AKB48 , dan juga ada member call.

8. Oshimen :  Member idol yang sangat disukai dan didukung sepenuhnya.

9. Oshimashi : Menambahkan 1 oshimen ke dalam daftar oshimennya.

10. TanOshi : Hanya mensupport dan focus kepada oshimennya saja bukan grupnya.

11. Oshihen : Mengganti member idol yang disukai, atau berpaling dari idol sebelumnya ke yang lain.

12. Kami-Oshi : Sangat memuja member idol yang disukainya, menyetarakan dengan Tuhan.

13. Minna Daisuki : Suka semua member idol tapi mempunyai 1 Oshimen.

14. Daredemo Daisuki : Suka semua member, hampir mirip dengan Minna Daisuki bedanya klo Daredemo Daisuki tidak memiliki Oshimen.

15. Concert : Pertunjukan musik, biasanya konser diadakan smpe 4hari lebih. tempatnya kadang di ruangan terbuka seperti Yomiuri Land dan tertutup seperti Saitama Super Arena.Setlist lagu biasanya 10 lagu, kadang ada yang sampai 30 lagu.

16. Teater /Gekidan :  Tempat pertunjukan, di grup Hello Project disebut Gekidan,mereka bermain drama panggung tidak seperti grup AKB48 yang hanya bernyanyi dan menari saja (bisa dikatakan grup AKB48 hanya konser idol biasa tapi diruangan tertutup lebih kecil dari konser biasanya dan penonton tidak boleh berdiri saat acara mulai sampai acara selesai ,setlist lagu hanya lagu teater 12 lagu kadang ada bonus lagu single/album) , seminggu biasa 4hari atau lebih, kadang ada juga yang tiap hari.

17. Graduate/Graduated : Lulus dari suatu grup idol, lulus bisa berarti dipecat karena kasus pacaran/ udah saatnya solo karir/tidak betah.

18. Senbatsu Election / Senbatsu Soesenkyo : Pemilihan member terbaik ( hanya ada di grup AKB48 dan sister2nya) di grup. member member tersebut akan muncul di video klip /music video single AKB48 yang baru.

19. Moe : Cantik, imut, menarik.

20. Kawaii : Kayaknya sih artinya sama kayak moe, di Hello Project biasanya “Chou Kawaii” klo di AKB48 “Chou Zetsu Kawaii”.

21. Lolita/Loli : Cewe yang imut banget dan manis seperti permen kayak anak kecil.

22. Yuri : Cewe berpoto mesra dengan cewe lain.

23. Golden Rules : Sejumlah peraturan yang harus ditaati oleh para member. Peraturan-peraturan tersebut diantaranya :
1.     Dilarang Pacaran.
2.     Dilarang berfoto dengan Fans. 
3.     Dilarang memention fans di Jejaring Sosial (Facebook, Twitter, G+, dsb). 
4.     Dilarang ke Diskotik dan mabuk-mabukan atau merokok.
5.     Dilarang memakai pakaian yang mencolok (Namun disesuaikan tergantung zaman).
6.     Dilarang memakai Make Up yang tebal.
7.     Dilarang memberi tanda tangan ke Fans (Kecuali untuk Merchandise yang akan dijual di Event tertentu).
8.     Jika berpergian harus diawasi atau dikawal oleh Bodyguard atau Orang Tua.
9.     Harus mengutamakan Pendidikan dan sebagainya.
24. Renai kinshi (Love is forbidden) : Salah satu golden rule dalam dunia idol Jepang, dan termasuk yang paling keras untuk ditaati. Bahkan hanya sebuah foto dengan seorang pria, apapun status pria tersebut, bisa membuat karir seorang idol tamat seketika akibat kecaman para wota garis keras yg ingin idola mereka menjaga image pure dan innocent.

25. Senbatsu : Dalam bahasa Indonesia berarti pilihan/seleksi. Sebagai grup yang mempunyai jumlah member banyak, maka terasa perlu untuk dibuatkan barisan representatif dari sekian banyak member yang ada. Mereka inilah yang disebut sebagai senbatsu. Biasanya mereka dipilih berdasarkan popularitas di kalangan fans. Keuntungan dari member senbatsu adalah hak mereka untuk tampil di PV utama, media (majalah, TV show, event, dsb), dan tentu saja popularitas.
§ 
             Senbatsu sousenkyo : Sejak tahun 2009 AKB48 rutin menggelar senbatsu sousenkyo (pemilu senbatsu) sekali setahun yang bertujuan memberi kesempatan bagi para fans untuk menentukan sendiri member senbatsu mereka. Caranya adalah memberi vote untuk member favorit mereka, dengan mengumpulkan tiket vote yg mereka dapat di single tertentu (biasanya satu single sebelum single sousenkyo). Tentu saja pembelian multi kopi adalah sah, dan satu tiket vote dihitung satu suara.
§        
            Janken senbatsu : Ini adalah salah satu ide ‘nyeleneh’ yg diciptakan Aki-p untuk menentukan senbatsu AKB48. Caranya adalah dengan melakukan janken (suit jepang). Event khusus akan diadakan untuk hal ini, dimana disana akan diadakan sistem turnamen, satu persatu member yg kalah akan gugur hingga didapat pemenang utama yg nantinya akan mendapat posisi terdepan.

26. Undergirls : Istilah ini dipakai untuk para member yang posisi popularitasnya dibawah senbatsu. Biasanya member yg termasuk disini adalah mereka yg punya popularity rank nomor 20 kebawah hingga sekitar angka 40. Urutan ini tentunya bisa berubah tergantung dari berapa banyak jumlah senbatsu yg ditentukan untuk sebuah single.

27. Stage Song : Lagu yang terdapat di Stage masing-masing tim. Adapun pembagiannya yaitu:
§                Unit song : Lagu Stage yang dinyanyikan oleh formasi member tertentu (bukan seluruh tim), biasa terdiri dari 1 member popular didampingi oleh 2-4 member lainnya, dan letaknya beruntun 4-5 lagu ditengah setlist Stage.
§                Unit shuffle : Biasanya hanya dilakukan di konser-konser besar, dimana Unit song yg identik dgn susunan member tertentu diacak dan diganti formasinya dgn member lain untuk elemen kejutan.


Note : Maaf jika hanya segini .. Nanti saya akan Update lagi xD ..  #Pa

{ 5 Komentar ... read them below or Comment }

Komentar seperlunya, tolong saran dan kritiknya mengenai artikel yang kami buat agar dapat lebih baik kedepannya! Ganbarimasu!

- Copyright © 2013 JKT48 Inside! - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -